Kajian kitab turasts bab. Akhlak bagi santri kelas 2 aliyah

Alhamdulillah Segala Puji kita selalu ucapkan kepada Allah atas segala Nikmat dan Karunia. Shalawat dan Salam selalu kita hadiahkan kepada baginda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, semoga kita semua termasuk umatnya. amin

Agenda kegiatan di Pondok Pesantren Turus dimulai dengan bertahap. kepulangan santriwan & santriwati ke pondok dimulai dengan kembalinya santri kelas 2 aliyah tanggal 7 Juni 2020. protokoler kesehatan dan pemeriksaan suhu di pintu portal pondok diterapkan ketika para wali santri dan santri memasuki zona pondok. salah satunya adalah diwajibkannya para santri kembali ke pondok dengan membawa Surat Kesehatan dari Fasilitas Kesehatan.

Dengan kembalinya para santri secara bertahap ke almamater tercinta, maka kegiatan demi kegiatan berjalan sebagaimana mestinya. namun, pada tahap pertama ini, karena hanya santri kelas 2 aliyah yang sudah kembali di pondok, maka Pengurus Pondok membuat kegiatan khusus bagi kelas 2 aliyah sebagai persiapan mereka untuk menjadi pengurus Organisasi periode selanjutnya.

Pagi harinya, para santri kelas 2 aliyah bersama-sama bergotong royong membantu para pengurus pondok untuk membenahi dan memperbaiki fasilitas pondok. malam harinya setiap bada isya, para santri menghadiri dan mendengarkan kajian kitab turast oleh para pemateri tentang bab. akhlak dan adabut thullab.

kegiatan tersebut, sangat mendapatkan antusias tinggi dari para santri. sebab, dalam tahapan menuntut ilmu ada hal penting yang perlu dipelajari dan dipraktekkan oleh para santri, yaitu Akhlak. para pengisi materi dari kalangan Dzurriyat. kitab yang dibacakan setiap malam bervariasi, yaitu kitab Ta’lim Muta’allim, Ayyuhal Walad dan lainnya. berikut jadwal dan pengisi materinya :

  • Senin : Habib Syarief
  • Selasa : M. Athoillah
  • Rabu : Muhammad
  • Kamis : H.Tb. M. Zuhdi
  • Jumat : Fatih Zulfahmi

pengajian dimulai pada pukul 19:30 malam sampai selesai. bertempat di masjid. dengan kegiatan ini, kami memiliki harapan agar para santri memiliki akhlak yang terpuji serta menjunjung tinggi adab dan tata krama yang baik untuk bekal mereka di masa depan.

penulis : Fatih Zulfahmi, Lc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *