Kembali ke Almamater tercinta

Sebulan lebih santri pulang ke rumah, berkumpul dengan keluarga tercinta. satu purnama pula, keadaan pondok menjadi sepi, jauh dari hingar bingar suara khas para santri menjelang sholat maghrib untuk melantunkan Ayat suci Al-Qur’an dan shalawat. keadaan pandemik ini, membuat para santri kembali ke rumahnya masing-masing lebih cepat, sehingga mereka punya waktu yang lumayan lama untuk liburan.

Pondok Pesantren Turus dengan pro aktif menataati protokoler kesehatan dan keamanan. selama masa pandemik ini, kami sterilkan lingkungan pondok dengan menahan orang luar pondok untuk masuk ke pondok, menyemprotkan cairan disinfektan di lingkungan pondok, serta memperbanyak tempat cuci tangan bagi para tamu dan keluarga.

setelah mematuhi dan menaati segala protokoler, akhirnya hari yang di nanti tiba. santri lama kembali ke “Almamater” tercinta pada tanggal 14 juni 2020. langkah-langkah yang kami persiapkan juga amat ketat. mulai dengan koordinasi dengan kepolisian, TNI, babinsa, masyarakat sekitar dan pemerintah daerah.

proses kedatangannya diatur sedemikian rupa, diantaranya :

  1. petugas memakai APD lengkap sesuai dengan prosedur kesehatan
  2. mulai dari pintu gerbang pondok, mobil dan kendaraan wali santri disemprot cairan disinfektan dan pengecekan suhu badan
  3. kemudian, santri yg bersangkutan harus turun dari kendaraan dan diwajibkan untuk berwudhu/mandi serta ganti baju.
  4. para santri masuk ke pondok juga diwajibkan mengenakan masker
  5. setelah itu, mereka menuju tempat absen kehadiran dan barang-barang pribadi mereka diperiksa oleh petugas.
  6. ketika memasuki asrama, orang tua wali dan tamu dilarang mendampingi santri masuk ke wilayah kamar.
  7. santri putra dan putri diwajibkan membawa surat kesehatan dari fasilitas kesehatan.
  8. pengabsenan kedatangan bagi seluruh santri
  9. menahan terlebih dahulu bagi santri yang sakit agar tidak kembali ke pondok.
  10. memberi vitamin-C dan minuman tradisional

ini semua merupakan langkah ihktiyar kami para pengurus pondok guna pencegahan wabah yang sedang melanda bumi kita ini. dengan segala proses dan langkah yang kami lakukan, mudah-mudahan bertujuan pula untuk para santri agar terbiasa dengan protokoler “new normal” yang sedang disosialisasikan oleh pemerintah.

selamat datang kembali para santri ke ” Almamater” tercinta. tumbuhkan semangat baru untuk menjadi insan yang lebih baik.

penulis : Fatih Zulfahmi, Lc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *