New Normal is New Spirit

Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh dengan kejutan bagi seluruh umat manusia. wabah COVID-19 merupakan pukulan telak untuk seluruh sektor. terutama sektor ekonomi, pendidikan dan lainnya. karena keadaan, individu dan kelompok masyarakat dipaksa untuk mengubah pola hidup, pola makan, pola kehidupan baik dari hal kecil sampai hal besar.

Dunia pesantren khususnya, mau tidak mau kita harus berfikir keras merubah mindset guna menghadapi tantangan New Normal yang telah disosialisasikan oleh pemerintah. santri yang identik dengan hidup sederhana dan makan apa adanya, dalam waktu dekat ini akan lebih ketat disektor kebersihan, kesehatan serta pola hidup sehari-hari.

Lalu bagaimana kita menyikapi new normal yang akan segera terjadi ? sebagai santri dan masyarakat yang tinggal di lingkungan pesantren, mari kita sikapi New Normal sebagai New Spirit. semangat baru untuk hidup lebih baik, untuk saling menjaga satu sama lain dari bahaya virus yang ada disekitar kita. semangat baru untuk memulai perubahan yang tentunya ke arah yang positive.

dengan new normal kita artikan sebagai new spirit, maka berarti pula kita menjaga satu manusia dengan manusia lainnya. dalam Al-qur’an, Allah SWT berfirman :

وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَآ أَحْيَا ٱلنَّاسَ جَمِيعًا

Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. al-maidah ayat 32

jadi siap tidak siap, kita harus siap menghadapi new normal dalam arti new spirit. bersemangat untuk menjaga diri sendiri, menjaga orang lain dan menjaga lingkungan sekitar.

so, santri are you ready ?

penulis : Fatih Zulfahmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *